https://sleman.times.co.id/
Berita

CEK FAKTA: Hoaks! Video Wanita Korban Handphone Meledak Saat Ditaruh di Jok Motor

Selasa, 16 Juli 2024 - 18:34
CEK FAKTA: Hoaks! Video Wanita Korban Handphone Meledak Saat Ditaruh di Jok Motor Tangkapan pesan video yang beredar di WhatsApp Group.

TIMES SLEMAN, JAKARTA – Beredar video di grup aplikasi chat WhatsApp yang menampilkan seorang wanita terluka parah hingga kakinya putus, dan terbaring di pinggir jalan. Wanita itu disebut mengalami kecelakaan akibat telpon genggamnya yang masih dalam keadaan hidup ditaruh di dalam jok motor. 

Video tersebut tersebar di berbagai di grup Whatsapp dengan caption "Kejadian Tadi Pagi DiJakarta.. Seorang Wanita Mengalami Kecelakaan Akibat Jok Motornya Tiba² Meledak Karna Ternyata Ada HP nya Yg Sedang Dalam Keadaan Hidup/ON.. Saat Ada Panggilan Masuk,, Signal HP Akan Aktif Yg Dekat Dengan Bahan Bakar Akan Memicu Ledakan Yg Berakibat Sangat Fatal Seperti BOM..!!! Sebarkan Video Ini Agar Kejadian Serupa Tak Terjadi DiKeluarga Kita.. JANGAN PERNAH TARO HP DIDALAM BAGASI/JOK MOTOR..!!!. ,". 

Video yang tersebar ini masuk dalam kategori konten sensitif. 

Benarkan informasi tersebut? 

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video wanita terluka parah yang disebabkan oleh HP yang ditaruh di dalam jok motor tidak benar atau hoaks. 

Dari hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia menggunakan kata kunci 'wanita kecelakaan akibat hp meledak dalam jok' di google video, muncul sebuah video serupa yang pernah di posting oleh satu akun instagram bernama @pstore_batam pada 12 Januari 2024 (https://www.instagram.com/p/C1_BXldvgit/?igsh=Ymd1c29rd3JrZ2p5). 

cekfakta-2.jpg

Postingan tersebut mendapat banyak komentar dari warganet. Salah satu akun  @dian_cproject berkomentar bahwa peristiwa tersebut terjadi sudah lama dan bukan karena hp dalam jok "ini video nya kecelakaan di Kota Cilegon akibat truk rem blong, udah lama," tulisnya. 

Hasil penelusuran lebih lanjut pada laman pemberitaan, ditemukan bahwa video tersebut diambil ketika seorang wanita mengalami kecelakaan di Kabupaten Serang Provinsi Banten pada 13 September 2023. Beberapa media lokal juga sempat memberitakan kejadian ini. Seperti Radar Banten (https://www.radarbanten.co.id/2023/09/14/truk-lindas-kaki-pemotor-hingga-putus-di-depan-hotel-mangku-putra-cilegon/). 

cekfakta-3.jpg

Mengutip dari laman Fakta Banten (https://faktabanten.co.id/cilegon/akibat-rem-blong-pengendara-motor-terlindas-truk-di-depan-grand-mangku-putra-cilegon/), Kecelakaan lalu lintas ini terjadi di Jalan Raya Serdang-Bojonegara pada hari Rabu (13/9/2023) sekitar pukul 16:30 WIB. Perisitiwa tragis ini  terjadi di depan Hotel Grand Mangku Putra, Desa Serdang, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang. 

cekfakta-4.jpg

Kasatlantas Polresta Serang Kota Kompol Try Wilarno melalui Kanit Gakkum Ipda Achmad Adi Ardiyanto pada Kamis (14/9/2023) mengungkapkan, kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan tersebut adalah Mitsubishi Truk Fuso, mini bus, dan sepeda motor. 

Kronologi kejadian yang berawal ketika kendaraan Mitsubishi Truk Fuso yang dikemudikan oleh A (52) sedang dalam perjalanan dari arah Bojonegara menuju Serang. Di lokasi kejadian, Truk Fuso mengalami rem blong menabrak bagian samping kiri belakang mini bus Mitsubishi Expander didepanya. 

“Pada saat bersamaan, di sebelah kiri kendaraan Mitsubishi Truk Fuso, kendaraan sepeda motor Honda Scoopy yang dikemudikan oleh MN melaju, sehingga kendaraan tersebut tertabrak, terlindas, dan terseret oleh kendaraan Mitsubishi Truk Fuso,” terangnya. 

Akibat kecelakaan lalu lintas tersebut, wanita pengemudi sepeda motor MN (24) mengalami luka-luka yang serius. “Untuk korban disini adalah MN, seorang mahasiswi dan mengalami luka serius yang menyebabkan kaki kirinya putus dan kaki kanannya terluka berat,” terangnya. 

Kesimpulan 

Video seorang wanita yang mengalami luka serius hingga kakinya putus dan terbaring di pinggir jalan, yang disebut akibat hp meledak saat ditaruh di dalam jok motor, tidak benar. Faktanya, kejadian tersebut merupakan kecelakaan yang terjadi pada 13 September 2023 di Kabupaten Serang, Banten, akibat sebuah trus fuso mengalami rem blong, dan melindas pengemudi sepeda motor yang ada di depannya.  

Informasi tersebut termasuk dalam kategori false context (konteks yang salah). Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada. 

Tentang Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan sejumlah media dan komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim Cek Fakta TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected]. (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.