https://sleman.times.co.id/
Wisata

5 Pantai Unik dan Cantik Masuk Kawasan TN Matalawa Sumba

Minggu, 01 September 2024 - 14:16
5 Pantai Unik dan Cantik Masuk Kawasan TN Matalawa Sumba Pantai unik dan cantik yang masuk dalam Kawasan TN Matalawa Sumba. (Foto: Budaya Sumba)

TIMES SLEMAN, SUMBA TIMUR – Ternyata di Pulau Sumba ada 5 pantai unik dan cantik masuk dalam kawasan Taman Nasional (TN) Manupeu Tanah Daru dan Laiwanggi Wanggameti (Matalawa) Sumba. Hal itu dikatakan seorang pemerhati Budaya Sumba Umbu Soleman Minggu (1/9/2024).

Menurutnya, TN Matalawa merupakan kawasan konservasi yang terletak di Pulau Sumba dengan keanekaragaman hayati seperti berbagai jenis satwa namun memiliki beberapa objek wisata eksotik yang sangat cantik di dalam kawasan itu.

“Memang pantai-pantai cantik itu berada dalam area pemanfaatan sehingga dapat mungkin melakukan aktivitas wisata di dalamnya,” katanya.

Berikut ini lima pantai unik dan cantik di wilayah TN Matalawa.

1. Pantai Piduhurani

Pantai Piduhurani di Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur masuk dalam kawasan TN Matalawa yang memiliki pemandangan eksotik matahari terbenam serta pantainya yang indah dengan pasir putihnya.

2. Pantai Taria

Pantai Taria ini memiliki hamparan pasir hitam dan bertebing dengan tegak membuat pantai Tarian unik dan menarik. Jika memandangnya agak berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Bahkan ditempat itu terdapat aliran sungai kecil yang mengalir melalui celah tebing seprti kita menyaksikan air terjun mini.

3. Pantai Mondulambi

Pantai ini memiliki cirri khas dengan empat batu raksasa yang berjejer ditengah laut. Jika dilihat dari kejauhan batu-batu itu seperti kita melihat Piramida.

4. Pantai Laicucu

Pantai Laicucu ini memiliki daya tarik yang didalamnya terdapat hutan lebat yang dibelakangnya pantai dan hamparan pasir putih sepanjang 1,5 Km. didalamnya area itu pengunjung dapat melihat satwa seperti burung-burung yang sedang bertengger didalamnya bahkan dipantai tersebut kita dapat melihat kawanan lumba-lumba bermain di perairan itu.

5. Pantai Lokulisi

Pantai ini memiliki ciri khas hamparan pasir putih yang indah dan bersih selain itu di tengah lautnya terdapat batu besar.

Pantai ini masih sangat alami dan juga jarang para pengunjung maupun wisatawan datang mengunjungi pantai ini. (*)

Pewarta : Moh Habibudin
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.