https://sleman.times.co.id/
Berita

Kecelakaan Kerja di Ngampilan, Buruh Tersetrum dan Jatuh dari Lantai Tiga Rumah

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 11:35
Kecelakaan Kerja di Ngampilan, Buruh Tersetrum dan Jatuh dari Lantai Tiga Rumah warga setempat bersama petugas PSC 119 dan petugas Damkar saat melakukan evakuasi korban. (Dok.Humas Polresta Yogyakarta)

TIMES SLEMAN, YOGYAKARTA – Kecelakaan kerja menimpa seorang buruh di Purwodiningratan, Kelurahan Ngampilan, Yogyakarta, pada Jumat (30/8/2024) sekitar pukul 14.30 WIB. Haryanto (67), warga Prenggan, Kotagede, tersetrum listrik dan jatuh dari lantai tiga rumah milik Lilik Zamroni, yang mengakibatkan luka serius di kepala dan kondisi tubuh yang lemas.

"Telah terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan korban tersetrum listrik dan jatuh dari lantai tiga rumah. Korban saat ini dalam kondisi kritis dan sedang menjalani perawatan di RS Bethesda," kata AKP Sujarwo, Kepala Seksi Humas Polresta Yogyakarta, pada Sabtu (31/8/2024).

Sujarwo menjelaskan bahwa insiden ini terjadi ketika korban sedang memperbaiki antena radio komunikasi di lantai tiga rumah tersebut. Berdasarkan keterangan saksi mata, David Sutrisno (64), yang juga seorang buruh di RT 45 RW 09 Ngadiwinatan, Ngampilan, korban tersetrum saat mencoba menahan antena yang hampir jatuh dan tidak sengaja menyentuh kabel listrik PLN.

"Seketika terjadi ledakan yang menyebabkan korban tersetrum dan terpental jatuh ke atap dak beton rumah sebelah," ujar David.

Pemilik rumah, Lilik Zamroni (64), menambahkan bahwa saat kejadian ia sedang duduk di teras lantai dua rumahnya dan mendengar suara ledakan diikuti laporan warga bahwa Haryanto jatuh dari lantai tiga.

Warga setempat bersama petugas PSC 119 dan petugas Damkar segera melakukan evakuasi terhadap Haryanto yang terjatuh di atap dak beton. Korban kemudian dibawa menggunakan tandu menuju ambulans PSC 119 yang berada sekitar 100 meter dari lokasi kejadian, sebelum dilarikan ke RS Bethesda untuk mendapatkan perawatan intensif.

AKP Sujarwo mengimbau warga yang tinggal atau bekerja di dekat kabel listrik PLN untuk selalu berhati-hati dan mempertimbangkan koordinasi dengan pihak PLN untuk memadamkan aliran listrik sebelum melakukan aktivitas yang berisiko. "Keselamatan harus menjadi prioritas utama, terutama ketika bekerja di ketinggian atau dekat dengan instalasi listrik," tegas Sujarwo.

Pihak kepolisian dan PLN kini tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan penyebab insiden ini serta mengambil langkah-langkah pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang.(*)

Pewarta : Rahadian Bagus Priambodo
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.