https://sleman.times.co.id/
Berita

Pendidikan Kesetaraan Jadi Pilihan, PKBM Mandiri Bantul Luluskan 66 Peserta Didik

Minggu, 23 Juni 2024 - 18:37
Pendidikan Kesetaraan Jadi Pilihan, PKBM Mandiri Bantul Luluskan 66 Peserta Didik Prosesi wisuda mengalungkan Samir kepada para peserta didik oleh pengelola PKBM Mandiri, Yuli Sutanta (foto edis Times Indonesia)

TIMES SLEMAN, BANTUL – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau atau PKBM Mandiri di Kabupaten Bantul, DIY menggelar acara wisuda kelulusan pendidikan kesetaraan pada Minggu (23/6/2024) di Hotel Ros In, Sewon.

Pengelola PKBM Mandiri, Yuli Sutanta, mengatakan ada 66 peserta didik yang dinyatakan lulus seratus persen pada tahun pelajaran 2023/2024 ini.   Jumlah itu terdiri dari Paket A 11 orang, B 15 orang dan C jurusan IPA dan IPS masing-masing 20 orang. 

"Paket A,B, dan C semuanya ada 66 peserta didik. Semuanya dinyatakan lulus 100 persen," ujar Yuli Sutanta kepada awak media. 

Yuli Sutanta mengaku bersyukur, antusiasme atau kesadaran masyarakat untuk belajar di pendidikan non formal ini cukup meningkat. 

Kendati diakuinya, masih dipandang sebelah mata, namun perkembangan pendidikan kesetaraan melalui PKBM, saat ini menjadi alternatif pilihan masyarakat.

"Perkembangannya semakin meningkat , sekarang PKBM menjadi pilihan masyarakat. Kalau dulu masyarakat itu memandang sebelah mata walaupun masih seperti itu. Tapi sekarang persepsi seperti itu sudah berkurang," ungkapnya.

Menurutnya, hal itu karena peserta didik jebolan PKBM dapat bersaing baik dari sisi akademik maupun karakter tidak kalah dengan peserta didik formal. 

"Karena lulusan dari kami ini bisa menunjukkan bahwa anak anak kejar Paket ini tidak kalah dengan anak anak yang formal. Mungkin dari segi akademisi nya dari karakter nya juga saya rasa tidak kalah dengan anak anak yang formal," ulasnya. 

Diungkapkannya, dari sisi prestasi akademik terbukti beberapa waktu yang lalu peserta didik dari paket A ada yang juara internasional lomba catur junior di Malaysia. 

Kemudian dari paket A kelas 3, juara matematika tingkat nasional yang pesertanya sama-sama dengan anak anak anak formal. "Kemarin di Semarang juara 1, sekarang hari ini ikut lomba lagi di Jawa Timur," terangnya.

Sementara itu, untuk yang melanjutkan ke perguruan tinggi dari paket C tercatat ada 13 anak. Lebih lanjut dikatakan 1 orang sudah dinyatakan diterima di UIN Saifuddin Zuhri, Purwokerto, jurusan perpustakaan dan telekomunikasi.

Kepala Bidang PAUD, Pendidikan Non Formal Disdikpora Bantul, Supardi, mengapresiasi PKBM Mandiri yang telah berhasil mendidik para peserta didiknya baik paket A, B maupun C.

Ia pun menyampaikan apresiasinya kepada para orang yang telah mensupport anak-anaknya sehingga dapat mencapai keberhasilan menempuh pendidikan kesetaraan ini. 

 "Tanpa support dari bapak Ibu Wali tentunya adik-adik belum bisa ataupun tidak bisa berada di sini. Untuk itu sekali lagi kami mengucapkan selamat kepada bapak Ibu Wali, berikutnya kami ucapan kepada bapak ibu guru (PKBM Mandiri) atas dedikasi dan capaiannya yang luar biasa ini," kata Supardi. (*)

Pewarta : Edy Setyawan
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.