https://sleman.times.co.id/
Berita

KPU Bantul Temukan Belasan Kotak Suara Rusak Setelah Sortir dan Setting Logistik Pilkada Selesai

Sabtu, 28 September 2024 - 14:36
KPU Bantul Temukan Belasan Kotak Suara Rusak Setelah Sortir dan Setting Logistik Pilkada Selesai Kegiatan sortir dan setting logistik Pilkada Bantul 2024. (Foto: Edis/TIMES Indonesia)

TIMES SLEMAN, BANTUL – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul (KPU Bantul) telah menyelesaikan kegiatan sortir dan setting kotak dan bilik suara Pilkada 2024 Kabupaten Bantul. Sebanyak 11 kotak suara Pilkada  diketahui mengalami kerusakan.

"Rusak berat ada 3 kotak suara, sisanya 8 rusak ringan," ujar Sfaf Keuangan Umum dan Logistik KPU Bantul, Poniman, ditemui wartawan di Gudang KPU di Jalan Parangtritis Timbulharjo Sewon Bantul, Sabtu (28/9/2024).

Rusak berat kotak suara itu di antaranya plastik kaca di bagian kotak suara sobek atau jebol dan ujung pengait lipatan di salah satu bagian kotak tidak sesuai ukuran sehingga gampang lepas.

Rusak berat itu terjadi kemungkinan karena saat melakukan pemuatan ke atas kendaraan atau  tekanan tumpukan saat proses pengiriman. .

Kerusakan itu telah dilakukan pendataan dan selanjutnya akan dilaporkan ke pihak KPU DIY dan pusat. Meskipun ada yang mengalami kerusakan, pihaknya tidak perlu melakukan penggantian kotak suara karena sudah tercover dengan cadangannya. 

"Total keseluruhan pengiriman kotak suara ada 1.510, yang bagus sudah mencukupi per TPS ada 1.487 buah," tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk kegiatan sortir dan setting kotak dan bilik sudah selesai. Adapun bilik total ada 5.985 buah, dalam kondisi baik dan saat ini sudah mulai proses pengepakan untuk dikirim ke setiap TPS. 

Selain logistik tersebut, pada Jumat (27/9/2024) logistik berupa tinta dan kabel T atau kabel ikat juga telah tiba di gudang KPU.

Dihubungi terpisah, Ketua KPU Bantul, Joko Santosa, mengatakan untuk surat suara ditargetkan proses pemesanan awal hingga  pertengahan Oktober 2024. Hal ini tergantung dengan proses penandatanganan kontrak dengan penyedia surat suara. (*)

Pewarta : Edy Setyawan
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.