https://sleman.times.co.id/
Berita

Polresta Yogyakarta Resmikan Moella, Monumen Pengingat Pentingnya Keselamatan Berkendara

Jumat, 27 September 2024 - 15:48
Polresta Yogyakarta Resmikan Moella, Monumen Pengingat Pentingnya Keselamatan Berkendara Polresta Yogyakarta meresmikan Monumen Edukasi Lalu Lintas (Moella) di Taman Edukasi Lalu Lintas Giwangan, pada Jumat (27/9/2024). (Foto: Dok. Humas Polresta Yogyakarta)

TIMES SLEMAN, YOGYAKARTAPolresta Yogyakarta meresmikan Monumen Edukasi Lalu Lintas (Moella) di Taman Edukasi Lalu Lintas Giwangan, pada Jumat (27/9/2024).

Monumen ini dihadirkan sebagai upaya edukasi kepada masyarakat, khususnya anak-anak, mengenai pentingnya keselamatan berkendara dan disiplin berlalu lintas sejak usia dini. 

Peresmian dilakukan Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Aditya Surya Dharma, bersama Kasatlantas Polresta Yogyakarta, Kompol Maryanto, dan jajaran Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. 

Acara ini juga bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-69, yang semakin menekankan urgensi keselamatan berlalu lintas di tengah semakin meningkatnya jumlah kendaraan di Kota Yogyakarta.

Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Aditya Surya Dharma, dalam sambutannya menekankan bahwa monumen ini merupakan simbol penting dalam menyadarkan masyarakat akan bahaya pelanggaran lalu lintas.

“Monumen ini menjadi pengingat bahwa setiap kali kita berkendara, keselamatan adalah yang paling utama. Setiap kecelakaan berawal dari pelanggaran lalu lintas," jelasnya.

Edukasi-Lalu-Lintas-2.jpg

Aditya juga mengungkapkan bahwa peningkatan populasi kendaraan di Yogyakarta berdampak signifikan pada meningkatnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. 

Oleh karena itu, Polresta Yogyakarta berharap keberadaan monumen ini dapat memberikan pelajaran yang nyata bagi pengunjung, terutama anak-anak dari jenjang PAUD hingga SMP, yang menjadi sasaran utama Taman Edukasi Lalu Lintas.

"Melalui monumen ini, kami ingin menanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak usia dini guna menciptakan generasi yang cinta akan keselamatan berkendara,” ujar Aditya.

Kasatlantas Polresta Yogyakarta, Kompol Maryanto, menambahkan bahwa ikon Moella merupakan visualisasi dari kecelakaan lalu lintas yang nyata. 

Monumen ini terdiri dari dua unit kendaraan yang ringsek akibat kecelakaan di dua lokasi berbeda, yaitu di Jalan Tentara Pelajar dan Jalan Parangtritis.

"Monumen ini merupakan gambaran kecelakaan yang terjadi akibat pelanggaran lalu lintas. Harapannya, masyarakat dapat selalu ingat bahwa keselamatan adalah prioritas utama saat berkendara," ujar Maryanto.

Dengan diresmikannya Monumen Edukasi Lalu Lintas ini, Polresta Yogyakarta berharap dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menciptakan generasi muda yang lebih peduli keselamatan di jalan raya. (*)

Pewarta : Rahadian Bagus Priambodo
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.