https://sleman.times.co.id/
Berita

Kronologi Pebulutangkis Muda China Meninggal saat Bertanding di Yogyakarta

Senin, 01 Juli 2024 - 14:14
Kronologi Pebulutangkis Muda China Meninggal saat Bertanding di Yogyakarta Pebulutangkis muda China, Zhang Zhi Jie, meninggal dunia setelah kolaps di lapangan saat bertanding dalam kompetisi Badminton Asia Junior Championship (BAJC) 2024 yang digelar di Yogyakarta, Minggu (30/6/2024). (FOTO: Tiktok/kita.badminton)

TIMES SLEMAN, YOGYAKARTAPolresta Yogyakarta melakukan penyelidikan penyebab meninggalnya atlet Asia Junior Championship asal China yang meninggal saat bertanding di Gor Amongrogo, Yogyakarta pada Minggu (30/6/2024) malam.

Adapun identitas atlet yang meninggal berjenis kelamin laki-laki bernama Zhang Zhi Jie berusia 17 tahun.

"Saat ini kami masih melaksanakan penyelidikan penyebab meninggal dunianya atlet tersbut," kata Kasi Humas Polresta Yogyakarta, AKP Sujarwo, saar dikonfirmasi, Senin (1/6/2024) siang. 

Ia menjelaskan, pebulutangkis muda China, Zhang Zhi Jie, meninggal dunia setelah kolaps di lapangan saat bertanding dalam kompetisi Badminton Asia Junior Championship (BAJC) 2024 yang digelar di Yogyakarta.

Saat itu, Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang. Namun, tiba-tiba saja dia terjatuh dan mengalami kejang-kejang, hingga akhirnya pingsan.

"Yang bersangkutan pingsan saat bertanding, selanjutnya dilakukan tindakan penyelamatan. SOP-nya segala tindakan yang terjadi di lapangan harus seijin referee atau wasit turnamen. Setelah diperbolehkan baru melakukan tindakan," jelasnya.

Dokter turnamen dan tim medis kemudian bergegas masuk ke lapangan untuk memberikan pertolongan dan langsung dibawa ke RSPAU dr. S. Hardjolukito. 

"Di RSPAU dr. S. Hardjolukito dilakukan CPR sesuai SOP. Dan atas permintaan tim official China agar atlet yang bersangkutan dipindahkan ke RS Sardjito. Penanganan tindakan kritis pun telah dilakukan, akan tetapi nyawa atlet tersebut tidak terselamatkan," kata Sujarwo. 

Atlet  tersebut dinyatakan meninggal dunia di RS. Sardjito pada Minggu 30 juni 2024, pukul 23.20 WIB. (*)

Pewarta : Rahadian Bagus Priambodo
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.