https://sleman.times.co.id/
Berita

Puncak Haji Terlewati, Menag Minta Perhatian Penuh di Fase Mabit Mina

Minggu, 16 Juni 2024 - 21:14
Puncak Haji Terlewati, Menag Minta Perhatian Penuh di Fase Mabit Mina Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas. (FOTO: MCH 2024 Kemenag)

TIMES SLEMAN, MAKKAH – Fase puncak haji di Arafah dan Muzdalifah telah terlewati dengan sukses. Ribuan jemaah haji dari seluruh dunia kini terpusat di kawasan Mina untuk mabit (menginap) selama beberapa hari ke depan. Di sanalah mereka akan melaksanakan rangkaian ibadah haji selanjutnya, termasuk lontar jumrah.

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan rasa syukur atas kelancaran penyelenggaraan Wukuf di Arafah dan Mabit di Muzdalifah. "Alhamdulillah, mobilisasi jemaah berjalan lancar. Kejadian tahun lalu tidak terulang. Apresiasi patut disampaikan kepada seluruh petugas dan jemaah haji Indonesia," tuturnya di Makkah, Minggu (16/6/2024).

Memasuki fase Mina, Menag mengingatkan bahwa kondisinya jauh lebih berat dibandingkan di Arafah dan Muzdalifah. Jemaah akan tinggal lebih lama di tenda Mina dan harus melaksanakan aktivitas lontar jumrah.

"Mina harus dipersiapkan dengan jauh lebih baik. Saya imbau jemaah untuk tidak memaksakan diri melontar jumrah. Petugas harus siaga membantu para jemaah, termasuk secara cuma-cuma siap membadalkan lontar jumrah mereka, khususnya yang lansia, risti, dan disabilitas," pesan Menag.

Menag Yaqut menegaskan bahwa secara fikih, jemaah yang tidak mampu bisa dibadalkan lontar jumrahnya. Ia pun meminta Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi untuk menerapkan skema perlindungan, pelayanan, dan pembinaan dengan menyesuaikan kondisi fisik jemaah.

"PPIH harus segera mengidentifikasi jemaah yang harus dibadalkan. Intinya kita tidak mau jemaah ini dipaksakan kondisi fisiknya," tegas Menag.

Ia pun memastikan bahwa tidak ada pungutan biaya apa pun untuk badal lontar jumrah oleh petugas. "Ini merupakan bentuk pelayanan dan komitmen kita untuk membantu jemaah haji," tandasnya.

Menag Yaqut berharap jemaah haji Indonesia dapat memanfaatkan fase Mabit di Mina dengan sebaik-baiknya untuk menyelesaikan rangkaian ibadah haji dengan penuh khusyuk dan khusyuk. Ia pun mendoakan agar seluruh jemaah haji Indonesia kembali ke tanah air dengan selamat dan membawa keberkahan bagi keluarga dan bangsa. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.