https://sleman.times.co.id/
Berita

Komunitas Banyu Bening Sleman Ikut Suarakan Solusi Air di World Water Forum 2024

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:36
Komunitas Banyu Bening Sleman Ikut Suarakan Solusi Air di World Water Forum 2024 Komunitas Banyu Bening Sleman Yogyakarta menjadi satu di antara komunitas yang difasilitasi BBWSOP untuk mengikuti pameran di rangkaian kegiatan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

TIMES SLEMAN, SLEMAN – Indonesia menjadi tuan rumah The 10th World Water Forum (WWF) 2024 atau Forum Air Dunia ke-10 yang digelar di Bali, Sabtu (18/5/2024) hingga Sabtu (25/5/2024). Forum internasional yang ke-10 ini mengangkat tema 'Air Untuk Kemakmuran Bersama'. 

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu-Opak Yogyakarta juga ikut mengambil peran dalam ajang yang digelar setiap tiga tahun sekali itu. Salah satu agenda kegiatannya menampilkan pameran Komunitas Peduli Sungai (KPS).

Komunitas Banyu Bening menjadi satu di antara komunitas yang difasilitasi BBWSOP untuk mengikuti pameran berskala internasional ini. Mereka teknologi sederhana tepat guna cara mengolah air hujan lanjutan pascaditampung atau lebih dikenal dengan sistem elektrolisa air hujan.

"Proses ini berfungsi untuk memecah partikel air sederhana yang memisahkan basa dan asam," kata perintis sekaligus Ketua Komunitas Banyu Bening Sleman Yogyakarta, Sri Wahyuningsih, Kamis (23/5/2024).

Selain itu, juga ditampilkan cara pemanenan air hujan dengan teknologi Gama Rain filter karya Prof DR Ing Agus Maryono yang saat ini menjabat Dekan Sekolah Vokasi UGM. 

Sri Wahyuningsih menuturkan, isu krisis air global merupakan moment membangun kesadaran masyarakat agar bijak menggunakan air dan melakukan upaya sesuai kemampuan. 

Sekolah Air Hujan Banyu Bening Sleman - Yogyakarta yang berada di bawah struktural Komunitas Banyu Bening mengambil peran untuk mengedukasi masyarakat memanfaatkan dan mengelola air hujan untuk memenuhi kebutuhan harian agar tidak menambah ekploitasi air tanah yang sudah mengalami defisit. 

Saat pameran berlangsung Banyu Bening berkesempatan mendapat kunjungan mantan Sekretaris Ditjen SDA, Ir. Hartanto, Dipl. He yang memberikan apresiasi atas kegiatan komunitas yang sudah dilakukan Banyu Bening.

Ir Hartanto berharap kegiatan Komunitas Banyu Bening ini bisa ditularkan ke masyarakat untuk berperan dalam menghadapi isu krisis air. 

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala BBWSOP DR. Gatot Bayuadji S.Si, MT juga menyempatkan untuk mengunjungi booth Banyu Bening. Ia juga memberikan motivasi kegiatan yang sudah dilakukan Banyu Bening selama ini. 

"Semoga World Water Forum ke-10 ini menjadi moment kita bersama untuk berkomitmen dan kesepahaman yang sama untuk berperan dalam krisis ini ini sesuai kapasitas kita masing -masing. Siapa lagi kalau bukan kita," kata Gatot Bayuadji. (*)

Pewarta : Rahadian Bagus Priambodo
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.