https://sleman.times.co.id/
Berita

Habib Luthfi: Indonesia Raya Bukan Sekadar Lagu

Selasa, 28 September 2021 - 12:26
Habib Luthfi: Indonesia Raya Bukan Sekadar Lagu Anggota Watimpres dan ulama kharismatik Nahdatul Ulama, Habib Muhammad Luthfi bin Yahya (foto: Dokumen/PBNU)

TIMES SLEMAN, JAKARTA – Anggota Watimpres Habib Muhammad Luthfi bin Yahya menjelaskan betapa sakralnya lagu Indonesia raya. Beliau menyebut Indonesia Raya bukan sekadar lagu. Habib Lutfi mengatakan, lagu Indonesia Raya adalah ikrar bahwa Indonesia merupakan tanah air dan tumpah darah yang dimiliki semua suku dan golongan di negeri ini.

Menurutnya, nasionalisme harus ditanamkan kepada setiap pemuda di Indonesia. Mereka harus disadarkan bahwa pentingnya mencintai dan menghayati begitu indahnya lagu Indonesia raya.

"Kita telah berikrar Indonesia tanah airku, buktikan ikrar itu kemanapun kalian (anak bangsa) melangkah, itu bukan hanya sekadar lagu tetapi harus tertanam pada diri kita," ujar Habib Luthfi di Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Habib Luthfi juga menjelaskan, lambang negara Garuda Pancasila, bendera sang saka Merah Putih juga memiliki makna lain yang harus diketahui oleh para generasi penerus bangsa.

Dari dua simbol negara tersebut, bisa disimpulkan betapa pentingnya menjaga kedaulatan negara di masa depan. Salah satunya dengan menghayati lagu Indonesia raya dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dengan menghormati lambang negara.

"Bendera Merah Putih tidak hanya sekadar simbol makna warna merah dan putih, namun lebih dari itu Bendera Merah Putih kita mengandung makna kehormatan, harga diri, dan jati diri bangsa," kata Habib Luthfi. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.