https://sleman.times.co.id/
Pendidikan

Universitas Sanata Dharma Wisuda 786 orang, Rektor Pesan Lulusan Siap Sedia Berlaga

Sabtu, 16 Maret 2024 - 22:52
Universitas Sanata Dharma Wisuda 786 orang, Rektor Pesan Lulusan Siap Sedia Berlaga Rektor USD, Albertus Bagus Laksana SJ, ketika mewisuda para lulusan di Kampus 2 USD (FOTO: Humas USD for TIMES Indonesia)

TIMES SLEMAN, YOGYAKARTA – Sebanyak 786 mahasiswa mengikuti wisuda program Diploma, Sarjana dan Magister Universitas Sanata Dharma atau USD. Mereka terdiri atas 20 orang lulusan Program Diploma, Sarjana 726 orang dan Magister 40 orang.

Prosesi wisuda periode II Tahun Akademik 2023-2024 ini dilaksanakan selama 2 hari Jumat - Sabtu, (15-16/2024) di Audiorium Driyakarya kampus 2 USD.

Rektor USD, Albertus Bagus Laksana SJ, dalam sambutannya mengatakan sikap siap sedia (availability) adalah kemampuan seluruh diri kita untuk menyediakan diri mengambil peran yang lebih besar dalam hidup.

"Kini saatnya telah tiba bagi kalian untuk berlaga di medan hidup yang nyata. Kalian akan berlaga dalam pertempuran, bukan dalam arti perang militeristik, tetapi perjuangan yang tiada henti untuk meraih cita-cita, untuk berpartisipasi secara lebih aktif, penuh dan bertanggungjawab dalam kesejahteraan bersama,” kata Bagus pada acara wisuda yang mengusung tema ‘Siap Sedia untuk Berlaga’.

Rektor USD juga menegaskan bahwa jejaring (networking) dan kolaborasi yang kuat serta luas, yang dibangun oleh pribadi-pribadi yang resilien, akan menjadi kekuatan yang luar biasa dalam menghadapi medan laga dunia yang semakin kompleks.  

"Di Universitas Sanata Dharma, semua mahasiswa diharapkan bertumbuh menjadi 'global citizen', warga negara global, yang kokoh sebagai pribadi, cerdas dan bijak dalam mengatur hidup yang seimbang, dan berminat (passionate) untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan kebaikan bersama,” jelas Bagus

“Mari kita merapatkan barisan, berderap menyatukan langkah, berlaga untuk Nusantara, untuk bangsa manusia, untuk semesta, apapun karya kita," imbuhnya.

Sementara Zanuwar Fahruzi, ST, Ketua Tim Kerja Kelembagaan LLDIKTI Wilayah V DIY menyampaikan harapannya kepada para wisudawan. 

"Anda adalah resource utama yang memegang peranan penting dalam menentukan Indonesia di masa depan. Wisuda yang Anda terima hari ini adalah awal perjuangan menghadapi dunia yang sedang bergerak dan berubah dengan cepat. Dibutuhkan peningkatan kompetensi terus menerus untuk bisa berlaga di dunia masa depan," ungkapnya yang hadir mewakili Kepala LLDIKTI V.

Secara keseluruhan selama kurun waktu Agustus 2023 hingga Januari 2024 terdapat 902 lulusan. Hanya saja, tidak semua mengikuti wisuda karena total yang mendaftar hanya 782 lulusan.

Pada wisuda kali ini, proses wisuda dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama berjumlah 255 peserta menjalani wisuda pada Jumat pagi. Mereka adalah lulusan dari Fakultas Vokasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Teologi, Program Pasca Sarjana.

Kelompok kedua dengan jumlah 359 peserta dari Fakultas Farmasi, F. Psikologi, F. Sastra dan FKIP diwisuda pada Jumat siang. Adapun kelompok tiga berjumlah 272 peserta dari dari FKIP dan F. Ekonomi diwisuda pada Sabtu (16/3/2024).

Dari keseluruhan mahasiwa yang di wisuda, terdapat 33 lulusan yang mendapat predikat terbaik. Wisudawan Program Sarjana dengan IPK tertinggi dan Lulus dengan Pujian diraih Sarwo Edie Pradana dari Program Studi Sastra Indonesia dengan nilai IPK 3,99.

Berikutnya, untuk jenjang magister Universitas Sanata Dharma terdapat dua lulusan yang mendapatkan nilai sempurna dengan IPK 4,00. Yakni, Carolina Omega Putri Usdionari dari Program Magister Pendidikan Matematika dan Melyania Sintha Dewi dari Program Magister Farmasi. (*)

Pewarta : A. Tulung
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.