Pendidikan

Prestasi Membanggakan, Prodi Agroteknologi UMBY Raih Akreditasi A

Jumat, 21 Agustus 2020 - 12:50
Prestasi Membanggakan, Prodi Agroteknologi UMBY Raih Akreditasi A Prodi Agroteknologi Fakultas Agroindustr, UMBY Raih Akreditasi A (Foto: Humas UMBY for TIMES Indonesia)

TIMES SLEMAN, YOGYAKARTA – Program Studi atau Prodi Agroteknologi, Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang merupakan cikal bakal dan prodi tertua di UMBY meraih akreditasi tertinggi A.

Pencapaian itu ditandai dengan keluarnya SK BAN PT Nomor : 4668/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2020 tertanggal 18 Agustus 2020, hal ini menyusul beberapa waktu lalu prodi peternakan juga berhasil meraih akreditasi A.

Ketua Prodi Agroteknologi, Dr Ir. Bambang Nugroho, MP mengatakan hasil diraih setelah dua hari berturut-turut pada 12 hingga 13 Agustus 2020 dilakukan asesmen lapangan secara daring oleh asesor dari BAN (Badan Akreditasi Nasional).

UMBY-b.jpg

Dengan asesmen tersebut dilakukan konfirmasi dan penilaian berdasar 7 standar akreditasi yang meliputi visi, misi, tata pamong, Mahasiswa dan kelulusan, SDM, Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, pembiayaan, sarana prasarana, sistem informasi dan penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, serta kerjasama.

"Prestasi membanggakan tersebut tidak terlepas dari kerja sama yang harmonis dari berbagai pihak seperti sivitas akademika, alumni, para pengguna alumni, maupun stake holder lainnya," kata Bambang dalam rilis tertulis kepada TIMES Indonesia, Jumat (21/8/2020)

Dr Agus Slamet, MP selaku Dekan Fakultas Agroindustri menambahkan bahwa Prodi Agroteknologi UMBY melalui sivitas akademikanya (dosen dan mahasiswa) juga para tenaga kependidikan secara kontinyu terus melakukan upaya strategis dengan terus memperbaiki mutu pembelajaran.

Dengan demikian, Prodi Agroteknologi UMBY mampu menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam dunia kerja. Para alumni Prodi Agroteknologi, dikatakan Agus sudah menunjukkan kinerjanya yang sangat bagus dan membanggakan almamaternya.

"Mereka banyak yang telah sukses menjadi wirausahawan, birokrat, pendidik (guru dan dosen), manajer, peneliti, konsultan, dan komunikator, sesuai dengan luaran yang menjadi target Prodi Agroteknologi UMBY," tuturnya

UMBY-c.jpg

Visi Prodi Agroteknologi UMBY untuk menjadi prodi yang unggul secara nasional pada 2025 berbasis pertanian berkelanjutan dan berwawasan kewirausahaan untuk mensejahterakan masyarakat sudah mulai terwujud.

"Prodi Agroteknologi terus melakukan perbaikan mutu dengan merealisasikan rencana strategisnya melalui peningkatan kuantitas dan kualitas dosen, perbaikan kurikulum secara rutin, peningkatan sarana dan prasarana perkuliahan, perbaikan sistem informasi akademik dan sistem informasi manajemen, dan usaha-usaha lainnya," ujarnya

Masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini tidak menyurutkan semangat Prodi Agroteknologi untuk terus mengembangkan diri dengan terus mengukir prestasi yang lebih baik. 

"Akreditasi A menjadi modal yang sangat bagus bagi Prodi Agroteknologi untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan mewujudkan visi misinya," kata Widarta, SE, MM., Kepala Humas UMBY. (*)

Pewarta : A. Tulung
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.