https://sleman.times.co.id/
News Commerce

Wujud Kolaborasi Unik THE 1O1 Hotel Bersama Artopologi

Rabu, 09 Agustus 2023 - 15:30
Wujud Kolaborasi Unik THE 1O1 Hotel Bersama Artopologi ArtJog 2023 dan BONS Fabriek yang termasuk dalam destinasi program Art Trip Sana Seni yang secara perdana akan dilaksanakan bersama THE 1O1 Yogyakarta Tugu. (Foto: THE 101 Hotel Yogyakarta) 

TIMES SLEMAN, YOGYAKARTATHE 1O1 Hotels & Resorts Yogyakarta mengumumkan kolaborasi pertamanya bersama Artopologi com. Artopologi ini merupakan sebuah marketplace online untuk karya seni asli dan bersertifikat dari seniman Indonesia. 

Melalui kolaborasi ini, wisatawan domestik dan mancanegara di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Bali, Malang dan Palembang bisa mendapatkan pengalaman unik dan tak terlupakan yang menggabungkan seni rupa kontemporer, budaya, musik dan kuliner di kota-kota di mana THE 1O1 Hotels & Resorts beroperasi.

VP Brand & Creative Experience THE 1O1 Hotels & Resorts, Marcia Amandary menjelaskan, kolaborasi lintas sektoral antara pelaku sektor pariwisata dengan pelaku sektor seni seperti ini adalah salah satu upaya untuk merealisasikan target kinerja industri yang cukup tinggi yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sejumlah 8.5 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 1.2 hingga 1.4 milyar kunjungan wisatawan domestik.

"Inisiatif ini datang setelah selama bertahun-tahun, THE 1O1 Hotels & Resorts berkomitmen menjadi pendukung aktif dunia seni dengan menjadi mitra hotel resmi dari perhelatan bergengsi ArtJog dari tahun ke tahun," jelas Marcia kepada TIMES Indonesia, Rabu (9/7/2023). 

Sebagai awal rangkaian, lanjut Marcia, THE 1O1 Hotels & Resorts dan Artopologi com menghadirkan pengalaman “Art Trip Sana Seni” setiap akhir pekan di THE 1O1 Yogyakarta Tugu selama bulan Agustus yang akan membawa para tamu hotel ke beberapa destinasi seni dan kuliner terkurasi seperti ArtJog 2023, Gajah Gallery/Yogya Art Lab, Redhouse Foundation dan Bons Fabriek.

ArtJog-2023-dan-BONS-Fabrie-a.jpg

“Kerjasama ini tentunya menjadi sebuah cita-cita bagi kami sebagai insan pariwisata untuk bisa terus bersinergi dengan para pelaku seni dalam hal mempromosikan kesenian Indonesia," katanya. 

Sementara, CEO & Founder Artopologi.com, Intan Wibisono mengungkapkan, nantinya di setiap kota Artopologi com akan mengkurasi program yang berbeda untuk wisatawan domestik dan mancanegara yang menginap di setiap unit THE 1O1 Hotels & Resorts. Sebagai platform teknologi yang berkomitmen untuk menghubungkan ekosistem seni di Indonesia, Artopologi.com akan merancang program secara cermat dengan mempertimbangkan kekhasan di kota tersebut, sehingga wisatawan pecinta seni dapat mengeksplorasi intisari dan keberagaman kreativitas Indonesia. 

"Melalui eksplorasi ini diharapkan keindahan dan keunikan seni Indonesia dapat diapresiasi oleh khalayak lebih luas,” papar Intan. 

Dia pun berharap, ke depannya kolaborasi antara pelaku bidang pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif seperti ini dapat merealisasi potensi kerja sama dan mencapai target peningkatan kunjungan, mengingat industri seni seperti seni pertunjukan dan desain komunikasi visual termasuk sub sektor ekonomi kreatif dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. 

"Pada tahun 2019 misalnya, Kemenko Bidang Perekonomian mencatat ekonomi kreatif menyumbangkan Rp1.153,4 Triliun PDB atau 7,3% terhadap total PDB Nasional," ujarnya. (*)

Pewarta : Hendro Setyanto Baskoro
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.