Berita

Inggris Krisis Energi, SPBU Kehabisan BBM

Selasa, 28 September 2021 - 09:09
Inggris Krisis Energi,  SPBU Kehabisan BBM Banyak SPBU terpaksa mengumumkan bahwa mereka kehabisan bensin meskipun ada penegasan dari pemerintah bahwa Inggris tidak kekurangan bahan bakar. (FOTO: Reuters)

TIMES SLEMAN, JAKARTA – Inggris krisis energi. Berkurangnya pengemudi truk di Inggris menyebabkan 90 persen SPBU di banyak kota kosong menyusul kepanikan pembelian sehingga menyebabkan situasinya memburuk.

Berkurangnya pengemudi truk terjadi pasca-Brexit dan lonjakan harga gas alam Eropa. Ini membuat Inggris bergulat dengan prospek suram potensi krisis pasokan makanan dan melonjaknya energi.

Industri pengangkutan Inggris mengatakan, dibutuhkan sekitar 100.000 pengemudi lagi setelah 25.000 pengemudi kembali ke Eropa sebelum Inggris keluar dari Uni Eropa dan pandemi menghentikan proses kualifikasi untuk pekerja baru.

Selama berbulan-bulan, supermarket dan petani telah membunyikan alarm, dan mereka mengatakan semakin sulit untuk membawa barang ke pasar.

Inggris Krisis Energi 2Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melibatkan militer untuk membantu mengirimkan bahan bakar ke seluruh negeri. (FOTO: Reuters)

Dengan industri sekarang meningkatkan momok kekurangan kalkun dan mainan Natal, pemerintah berebut untuk menarik lebih banyak orang menjadi pengemudi truk, yang lama dipandang sebagai pekerjaan yang dibayar rendah dan kurang dihargai.

Namun Shapps membantah kekurangan itu karena Brexit, dan mengatakan itu karena  Inggris menggandakan jumlah tes yang tersedia untuk menjadi pengemudi truk. Inggris tidak dapat menguji 40.000 pengemudi selama penguncian Covid-19, yang memaksa ujian dibatalkan.

Dia mengatakan kepada Sky News bahwa pemerintah akan “menggerakkan langit dan bumi” untuk mengatasi kekurangan tersebut, termasuk melonggarkan aturan visa dan mengerahkan tentara untuk mengirimkan bahan bakar.

Seperti dilansir Al Jazeera, antrean mobil mengular di stasiun pengisian bahan bakar di seluruh negeri pada hari Minggu, menelan pasokan dan memaksa banyak pengecer tutup meskipun pemerintah Inggris menjamin tidak kekurangan bahan bakar.

"Beberapa anggota kami, kelompok besar dengan portofolio situs, melaporkan 50 persen kering hingga kemarin, beberapa bahkan melaporkan hingga 90 persen kering hingga kemarin," kata Ketua Asosiasi Pengecer Bensin (PRA), Brian Madderson, kepada penyiar Inggris Sky News,  Senin (27/9/2021).

PRA mewakili pengecer bahan bakar independen, yang mencakup 65 persen dari semua halaman depan Inggris.

"Jadi Anda bisa melihatnya cukup akut," kata Madderson.

Al Jazeera juga melaporkan dari luar sebuah pompa bensin di ibukota, London, orang-orang berusaha menimbun bahan bakar menggunakan jerigen.

"Pemerintah telah menemukan dirinya dalam kekacauan besar atas ini. Itu sudah di luar kendali," tulisnya.

Visa Sementara

Raksasa minyak Inggris BP mengatakan hampir sepertiga dari stasiunnya di seluruh negeri telah kehabisan dua jenis bahan bakar utama yakni bensin dan solar tanpa timbal,  karena serentetan pembelian panik memaksa pemerintah untuk menangguhkan undang-undang persaingan dan mengizinkan perusahaan bekerja sama untuk mengatasi kelangkaan.

Inggris Krisis Energi 3Selain mengancam pasokan bahan bakar yang tepat waktu, kurangnya pengemudi truk juga melanda pabrik, restoran, dan supermarket Inggris dalam beberapa bulan terakhir. (FOTO: AP Photo)

Sekretaris Bisnis Kwasi Kwarteng mengatakan, penangguhan akan memungkinkan perusahaan untuk berbagi informasi dan mengoordinasikan tanggapan mereka.

"Langkah ini akan memungkinkan pemerintah untuk bekerja secara konstruktif dengan produsen, pemasok, pengangkut, dan pengecer bahan bakar untuk memastikan bahwa gangguan diminimalkan sejauh mungkin," kata departemen bisnis dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah Konservatif Perdana Menteri Boris Johnson juga telah mengumumkan rencana untuk mengeluarkan visa sementara bagi 5.000 pengemudi truk asing untuk meredakan krisis di ekonomi terbesar kelima di dunia itu.

Aturan imigrasi pasca-Brexit berarti warga negara Uni Eropa yang baru tiba tidak bisa lagi bekerja bebas visa di Inggris, seperti yang bisa mereka lakukan ketika Inggris menjadi anggota blok tersebut.

Pemerintah telah menolak menawarkan lebih banyak visa selama berbulan-bulan, meskipun kekurangan sekitar 100.000 pengangkut dan peringatan industri dari berbagai sektor bahwa pandemi Covid-19 dan Brexit semakin memperburuk situasi.

Para pemimpin bisnis telah memperingatkan bahwa mengalihkan pemberian visa adalah perbaikan jangka pendek dan tidak akan menyelesaikan kekurangan tenaga kerja yang akut.

Pemerintah mengatakan, dalam jangka panjang pekerja Inggris harus dilatih untuk mengisi pekerjaan mengemudi karena meminta perusahaan transportasi untuk meningkatkan gaji dan kondisi kerja.

Kurangnya pengemudi truk juga melanda pabrik, restoran, dan supermarket Inggris dalam beberapa bulan terakhir.

Kekurangan tersebut telah merusak rantai pasokan, membuatnya sulit untuk membawa barang ke pasar, dan mendorong kekhawatiran kenaikan harga menjelang Natal.

Dilansir BBC, Angkatan Darat Inggris juga telah disiagakan untuk membantu pengiriman bahan bakar ke SPBU.

"Pengemudi tanker militer akan dilatih sehingga mereka siap dikerahkan jika diperlukan," kata pemerintah.

Sekretaris Bisnis Kwasi Kwarteng menggambarkannya sebagai "langkah kehati-hatian yang masuk akal", dengan mengatakan karena Inggris memiliki persediaan bahan bakar yang kuat.

Pemasok bahan bakar mengatakan, mereka memperkirakan permintaan akan kembali normal dalam beberapa hari mendatang.

Tapi kelompok otomotif RAC mengatakan harga satu liter bensin tanpa timbal telah naik satu sen sejak Jumat dan menyadari sejumlah kecil pengecer mengambil keuntungan dari situasi saat ini dengan menaikkan harga.

Para menteri menyalahkan antrian di pompa bensin dan pompa kosong pada orang yang membeli bahan bakar ketika mereka tidak membutuhkannya. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.