https://sleman.times.co.id/
Berita

Gen Z Capai 130 Ribu, Wabup Bantul: Pemerintah Harus Buka Ruang untuk Generasi Muda

Senin, 08 Juli 2024 - 09:01
Gen Z Capai 130 Ribu, Wabup Bantul: Pemerintah Harus Buka Ruang untuk Generasi Muda Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo (Foto: Edis/ TIMES Indonesia)

TIMES SLEMAN, BANTUL – Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Bantul telah mulai merancang skema program untuk generasi muda Bantul di 2024 hingga 2025 guna mendukung visi Indonesia Emas 2045.

Hal ini menjadi perhatian serius Pemkab Bantul, terlebih potensi generasi muda khususnya generasi Z di Bumi Projotamansari cukup besar yakni mencapai kurang lebih 130 ribu orang.

Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bantul, Stepanus Heru Wismantara, di tangan generasi mudalah Bantul menuju sebuah kebaikan dan kemajuan.

"Apalagi, kita kan di Bantul untuk generasi Z yang lahir 1997-2012 ada 130 ribu-an, ini yang akan memimpin negeri ini untuk Indonesia Emas. Skema 2024 sampai 2025 kita sudah masuk ke generasi muda," ungkapnya, Senin (8/7/2024).

Dialog-Politik.jpg

Di antara program yang telah dipersiapkan, lanjutnya, mulai dari pendidikan politik dan wawasan kebangsaan. Pendidikan politik itu, diharapkan mereka bisa berdaulat di bidang politik, lalu mandiri secara ekonomi dan berkepribadian budaya Indonesia. 

Sementara itu Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo mengatakan, Pemkab Bantul harus bisa membuka ruang kepada semua elemen generasi muda di Bantul. Artinya membuka ruang berdialog dengan para generasi muda, untuk mendengar harapan, saran maupun masukan mereka ke depannya.

Joko Purnomo menegaskan peran para generasi muda harus menjadi perhatian serius pemerintah karena mereka adalah aset Bantul yang diharapkan dapat memberikan warna ke depan untuk membawa Bantul ini lebih baik, bermartabat dan produktif. 

Menurut Joko, harapan pemerintah adalah Bantul ke depan bisa diisi generasi muda atau kader-kader yang profesional dan cerdas.

"Jadi partisipasi mereka juga diharapkan, terutama ikut menyukseskan Pilkada 2024 ke depan ini," ujar orang nomor dua di lingkup Pemkab Bantul itu saat menjadi narasumber dialog politik yang digelar Kesbangpol baru-baru ini di Kantor Kecamatan Sewon, Bantul. (*)

Pewarta : Edy Setyawan
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sleman just now

Welcome to TIMES Sleman

TIMES Sleman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.